Selasa, 21 Juni 2011

LOMBOK HOLIDAY

Libur telah tiba
libur telah tiba ayeeee
Bagi anda yang ingin berlibur bersama keluarga namun bingung harus kemana?? dapat memilih PULAU LOMBOK sebagai salah satu tujuan untuk wisata.Okey sekarang segeralah berkemas dan siapkan barang-barang anda, karena saya akan menemani anda untuk keliling pulau lombok yang mungil namun eksotik ini.
PULAU LOMBOK terdiri dari 4 kabupaten yaitu :
1.KABUPATEN LOMBOK BARAT
2.KABUPATEN LOMBOK TENGAH
3.KABUPATEN LOMBOK TIMUR
4.KABUPATEN LOMBOK UTARA.
Serta MATARAM Sebagai Kota Madya
Okey para pengunjung BLOG saya yang cakep-cakep dan ganteng-ganteng kita berangkat tour singkat ini dari kabupaten LOMBOK BARAT (yups karena ini meruapakan kabupaten yang terdekat dapat di tempuh dari Bandara Selaparang.Adapun tempat yang dapat kunjungi adalah :
Pantai Senggigi  

Pantai Senggigi adalah tempat pariwisata yang terkenal di Lombok. Letaknya di sebelah barat pesisir Pulau Lombok. Pemandangan bawah lautnya sangat indah, dan wisatawan bisa melakukan snorkling sepuasnya karena ombaknya tidak terlalu besar. Terumbu karangnya menjulang ketengah menyebabkan ombak besarnya pecah di tengah. Tersedia juga hotel-hotel dengan harga yang bervariasi, dari yang mahal sampai hotel yang berharga ekonomis.

Batu Bolong


Pura Batu Bolong, Lombok
Sekitar setengah jam dengan berjalan kaki, para wisatawan dapat menjumpai Batu Bolong di pantai ini. Ini adalah sebuah pura yang dibangun di atas karang yang terletak di tepi pantai. Menurut legenda masyarakat setempat dahulu kala sering diadakan pengorbanan seorang perawan untuk dimakankan kepada ikan hiu di tempat ini. Legenda lain mengatakan dahulu banyak para wanita yang menerjunkan diri dari tempat ini ke laut karena patah hati. Dari tempat ini juga terlihat Gunung Agung di Pulau Bali.

Batu Layar

Tidak jauh dari Batu Bolong terdapat makam seorang ulama. Ini merupakan tempat suci bagi para penganut Wetu Telu. Batu Layar ramai di kunjungi pada saat " Lebaran topat " yang merupakan lebaran bagi orang yang berpuasa 1 minggu setelah lebaran Idul Fitri.

Banyumulek

 

Desa Banyumulek dengan kerajinan gerabahnya dini anda dapat melihat langsung pembuatan kerajinan gerabah : proses pembuatan berbagai kerajinan tanah liat tersebut, mulai dari mencari bahan baku, mencampur adonan tanah liat dengan pasir dan bahan lainnya, merancang model dan membentuknya, mengeringkannya dan terakhir membakarnya.

Taman Narmada  

Taman Narmada terletak 10 Km dari arah timur Kota Mataram merupakan tiruan dari Gunung Rinjani. Dibangun oleh Raja Anak Agung Dede Karang Asem. Awal abad 19 Raja membuat replika tersebut serta sebuah Pura Suci Narmada. Persembahyangan dipimpin oleh seorang Pendeta di Pura tersebut tanpa pergi ke Gunung Rinjani

Pada saat sekarang, taman terbuka untuk umum dan menjadi pusat rekreasi yang selalu ramai. Didalamnya terdapat mata air yang konon airnya berasal dari Gunung Rinjai dan dipercaya bisa menjadikan seseorang tetap awet muda sehingga disebut Air Awet Muda. Nama Pura ini diambil dari sebuah sungai suci di India yang memuja Shiwa yaitu Pura Kalasa.Taman Narmada adalah sebuah taman yang dulunya digunakan sebagai tempat peristirahatan dan permandian keluarga raja (Sewaktu masih masa kerajaan di Mataram). Di taman ini terdapat kolam renang dan sebuah Pura Hindu. Tempat ini juga mempunyai mata air awet muda, yang dipercaya akan memberi umur panjang bagi siapa yang meminum air dari mata air ini.


Benang Stokel (Lombok Tengah )
Air Terjun Benang Stokel terletak sekitar 30 kilo dari Kota Mataram dan dapat ditempuh dengan kendaraan sekitar 45 menit melalui Narmada, Desa Pancor Dao dan Pasar Teratak belok kiri, dari sini anda bisa menyaksikan dikiri dan kanan jalan hamparan persawahan dengan pemandangan pegununungan dan perbukitan.
Bagi anda yang suka dengan wisata petualangan, dari tempat ini bisa mendaki ke Gunung Rinjani hanya menempuh perjalanan sekitar 8 jam, ditengah perjalanan anda akan menemukan sebuah tempat dengan ketinggian sekitar 1500 meter diatas permukaan laut anda dengan leluasa bisa menikmati pemandangan yang sangat menakjubkan. Disini anda bisa beristirahat sejenak untuk menghilangkan penat selama perjalanan. Bila anda mendaki melalui jalur ini, banyak sekali ditemukan mata air yang masih alami dan anda juga bisa menemukan beberapa jenis FLORA maupun FAUNA seperti : Rusa, Lutung, Anggrek dll.
Apabila anda ingin menikmati air terjun yang kedua yaitu : BENANG KELAMBU, hanya berjalan beberapa menit saja melalu hutan lebat yang penuh ditumbuhi oleh berbagai jenis tanaman seperti : Pisang, Kopi, Kakao dll, air terjun ini airnya berasal langsung dari DANAU SEGARA ANAK.
Bila anda ingin menikmati beberapa hasil olahan tanaman yang dikelola oleh para penduduk sekitarnya, anda bisa mengunjungi salah satu penduduk yaitu Pak Jalal yang biasa membantu mengajak keliling para tamu yang berkunjung ke tempat ini.  
Pantai Kuta ( Lombok Tengah )

Ini merupakan pantai pavorit saya, pantai dengan pasir putih ini terletak di Desa Kuta.Selain kenidahan alamnya yang dapat dinikmati di Desa dekat pantai ini dalam setahun sekali diadakan event BAUNYALE dalam masyarakat merupakan upacara menangkap cacing laut ( NYALE ).Konon dahulu cacing Nyale tersebut merupakan jelmaan dari seorang Putri canti jelita yang diperebutkan oleh pangeran dan pemuda yang ingin menjadikannya seorang istri sehingga sang Putri tidak bisa memilih sehingga sang putri menceburkan diri ke laut.Selain itu pantai terdekat dari pantai kuta seperti pantai mawun pantai gerupuk dana masih banyak lainya yang tidak kalah indah.

Desa Sukara (Lombok Tengah ) 


Desa Sukarara ini terkenal dengan kerajinan tenunan ikat dan songket dengan design yang unik dan primitive. Kain songket merupakan kain tenunan yang dibuat dengan teknik menambah benang pakan, hiasan dibuat dengan menyisipkan benang perak, emas atau benang warna di atas benang lungsi, terkadang juga ada yang dihiasi dengan manik-manik, kerang atau uang logam. Sekarang ini pusat pengrajin kain songket adalah desa Sukarara, disinilah jika ingin membeli kain tenun tradisional khas Lombok, serta melihat bagaimana para penenun melakukan pekerjaannya. Lokasinya terletak 25 km dengan kendaraan dari kota Mataram. Desa ini sangat menarik untuk dikunjungi karena kegiatan sehari-hari masyarakat di desa ini telah menenun. Ciri khas tenunan dari desa Sukarara ini adalah tenunan memakai benang emas, desa ini telah dikenal menjadi salah satu obyek wisata yang banyak dikunjungi oleh para tamu nusantara maupun mancanegara. Di sepanjang jalan desa ini banyak toko-toko yang menjual kain tenun dari desa setempat maupun dari desa sekitarnya. Para wanita di desa dengan pakaian adat sasak selalu siap mendemontrasikan ketrampilan mereka. Namun selain kain songket yang dikenal saat ini ternyata banyak para wanita yang masih melakukan kegiatan menenun ini dengan cara tradisional, klasik alias cara jaman dulu kala, disamping untuk menjaga adat istiadat juga sebagai daya tarik wisata. Pembuatan kain tenun cara klasik atau tradisional ini adalah dari mempersiapkan pembuatan benang serta pembuatan zat warna. Pembuatan benang secara tradisional dengan menggunakan pemberat yang diputar2 dengan jari2 tangan, pemberat tersebut berbentuk seperti gasing terbuat dari kayu atau terakota. Bahan membuat benang selain kapas, kulit kayu, serat pisang, serat nanas, daun palem dsb. Pembuatan zat warnanya terdiri dari dua warna biru dan merah. Warna biru didapatkan dari indigo atau Mirinda Citrifonela atau mengkudu. Selain itu ada pewarna dari tumbuhan lain seperti kesumba (sono keling)

TETE BATU ( Lombok Timur )

Desa wisata Tete Batu terletak pada ketinggian 700 meter di atas permukaan laut dengan pemandangan pedesaan yang indah dan udara yang sejuk, bersih dan segar sehingga anda akan merasa rileks dan nyaman, selain itu warga desa ini juga ramah dan bersahabat. Tete batu memiliki akomodasi yang bagus seperti hotel Soedjono dan Green Orry cottage yang dilengkapi dengan restoran. Tinggal di Tete Batu adalah sebuah pilihan yang tepat bila anda masih ingin melanjutkan perjalanan untuk mengunjungi objek wisata lainnya di kaki Gunung Rinjani karena Tete Batu terletak di tengah jalur menuju beberapa objek wisata seperti air terjun Aiktemer, Otak Kokoq, Desa Pringgasela dan Suradadi. Beberapa tour travel memilih desa ini sebagai salah satu tempat peristirahan bagi tamu-tamu

Pantai Surga ( Lombok Timur )
Pantai Surga berada di wilayah Lombok Timur bagian selatan tepatnya Jerowaru, sekitar 50km dari kota Selong. Pantai ini terkenal memiliki pemandangan alam yang indah dan pantainya yang bersih dan berpasir putih, maka tidak heran pantai ini dinamakan pantai surga. Bagi yang menyukai olahraga Surfing pantai ini adalah salah satu pilihannya. Selain pantai surga masih ada sejumlah pantai di Wilayah selatan yang sangat indah, seperti pantai heaven on planet, pantai kaliantan, cemara, Teluk Ekas dengan daya tarik budidaya perikanan lautnya, disebut sebagai kawasan Gili indah.

Gili Trawangan ( Lombok Utara )

Gili Trawangan adalah yang terbesar dari ketiga pulau atau gili (Kepulauan Gili) yang terdapat di sebelah barat laut Lombok. Trawangan juga satu-satunya gili yang ketinggiannya di atas permukaan laut cukup signifikan. Dengan panjang 3 km dan lebar 2 km, Trawangan berpopulasi sekitar 800 jiwa. Diantara ketiga gili tersebut, Trawangan memiliki fasilitas untuk wisatawan yang paling beragam; kedai Tîr na Nôg mengklaim bahwa Trawangan adalah pulau terkecil di dunia yang ada bar Irlandia-nya. Bagian paling padat penduduk adalah sebelah timur pulau ini.
Trawangan punya nuansa "pesta" lebih daripada Gili Meno dan Gili Air, karena banyaknya pesta sepanjang malam yang setiap malamnya dirotasi acaranya oleh beberapa tempat keramaian. Aktivitas yang populer dilakukan para wisatawan di Trawangan adalah scuba diving (dengan sertifikasi PADI), snorkeling (di pantai sebelah timur laut), bermain kayak, dan berselancar. Ada juga beberapa tempat dimana para wisatawan bisa belajar berkuda mengelilingi pulau.
Di Gili Trawangan (begitu juga di dua gili yang lain), tidak terdapat kendaraan bermotor. Sarana transportasi yang lazim adalah sepeda (disewakan oleh masyarakat setempat untuk para wisatawan) dan cidomo, kereta kuda sederhana yang umum dijumpai di Lombok. Untuk bepergian ke- dan dari ketiga gili itu, penduduk biasanya menggunakan kapal bermotor dan speedboat.
Gili Trawangan adalah Pulau terbesar dari ketiga pulau, yang lebih dikenal dengan “ Party Island “ mayoritas tourist yang datang anak-anak muda, Mayoritas resort (akomodasi) berada disisi sebelah timur pulau, dengan harga berkisar antara € 5 sampai € 78. setelah diving anda bisa having fun setiap malam di salah satu party organizer, atau relax bersama-sama dengan diver-diver yang lain. 

Air Terjun Sendang Gile  ( Lombok Utara )

Air Terjun Sendang Gila (Sendang Gile) yang mampu menarik ribuan wisatawan baik domestik maupun mancanegara per tahunnya adalah salah satu atraksi wisata utama dari Taman Nasional Gunung Rinjani.

Air Terjun ini terletak di ketinggian 600 meter dpl dengan pencapaian 20 menit jalan kaki dari Desa Senaru yang juga merupakan akses utama menuju Taman Nasional Gunung Rinjani.

Selain Sendang Gile, ada sebuah air terjun lain yang terletak sekitar 1 jam jalan kaki dari Sendang Gile yang dikenal dengan air terjun Tiu Kelep. Perjalanan menuju air terjun Tiu Kelep sangat menantang dan indah dengan melalui jalur batu-batu gunung dan kanan-kiri tebing yang hijau.

Di sana kita tidak hanya menikmati keindahan pemandangan dari air terjun itu saja, melainkan juga bisa berenang di kolam alaminya - mitos lokal bahkan menyebutkan bahwa barang siapa yang berenang di air terjun Tiu Kelep maka sekeluarnya dari sana dia akan lebih muda.

Selain dua air terjun popular tersebut, masih ada satu lagi air terjun yang berlokasi di kawasan yang sama yaitu Air Terjun Betara Lenjang namun untuk mencapai ke lokasi air terjun yang terakhir ini anda membutuhkan jiwa petualangan yang tinggi selain juga pemandu wisata yang memahami jalur hutan dan perlengkapan yang memadai.
Gimana bro,berminat?? Buruan dah ke LOMBOK mumpung lagi liburan masih banyak yang akan anda temukan di Pulau ku yang unik ini.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

IP